TEKNOLOGI INFORMASI

NAMA    : MUH. ARIF SETIAWAN
NIM        :  C1D3 18 017

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  INFORMASI DALAM BIDANG JURNALISTIK
Di abad sekarang ini perkembangan teknologi semakin canggih dan modern. Hal ini berbanding lurus  dengan aktifitas  sehari-hari yang senangtiasa menggunakan peralatan serba modern.  Semua abad di abad sekarang ini di tuntut agar melek teknologi dan selalu haus akan informasi dahulu ketika seseorang ingin berkomunikasi, mereka menggunakan alat yang serba manual dan membutuhkan proses yang memakan waktu. Diera modern ini, dalam penyajian sebuah berita pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan pembaca sepertinya  mulai tegerus seiring perkembanga teknologi dengan menjamurnya media online “ mahzab baru” dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalistik online.
Jadi penyajian berita melalui media online adalah pesan /informasi yang disampaikan menggunakan media internet. Sekarang, dengan ditemukanya teknologi internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakuakan oleh jurnalis propesional. Setiap orang bias melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaprkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut disebut dengan citizen jurnalism.
Citizen jurnalism atau jurnalisme warga merupakan suatu konsep bagi anggota public yang memainkan peran aktif dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, serta menyebar luaskan berita dan informasi (bowman dam willis, 2003). Maksud dari anggota public di sini adalah setiapa orang tanpa memandang latar belakang pendidikan dan keahlian.
Mahasiswa masud kedalam kriteria tersebut. Kehadiran citizen jurnalism mendorong setiap orang untuk berani menulis dan melaporkan informasi/  berita kepada banyak orang tampa memerlukan label atau status jurnalis propesional. Walaupun yang berperan besar dalam citizen jurnalistik adalah warga ( bukan jurnalis propesional), prinsip-prinsip jurnalisme tersebut antara lain kebenaran, akurasi, objektifitas (cover bot side) berimbang, verifikasi, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut yang disajikan harus dilaksanakan karena informasi yang di sajikan adlah untuk di baca dan di ketahui oleh publik. Jangan sampai public menerima informasi yang salah setelah membaca artikel atau tulisan produk citizen journalisme.
Selain  citizen journalisme,seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi pada saat ini yang telah memasuki cyber word, media berita konvensional di tuntut untuk melakukan intergrasi degan media berita  yang baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggannya. Misalnya,media konvensional menciptakan event-nya dengan menggunakan edisi online.Dan masi banyak lagi dan masi banyak lagi cocntoh-contoh media konvensional yang melakukan kegiatan sepert iitu.
Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bagaimana perkembangan teknologi  komunikasi sangat mempengaruhi perkrmbangan jurnalistik di dunia.Mulai dari media cetak,radio dan televise.

Komentar